Blog > Parenting > Bagaimana caranya bermain lato-lato?
Senin, 16 Januari 2023 1:00

Bagaimana caranya bermain lato-lato?

bagaimana cara bermain lato lato

Gonamaqiqah.com - Jika ditanya darimana suara lato-lato berasal, jawabannya adalah dari dua bola plastik yang saling dibenturkan sehingga menghasilkan suara yang unik dan indah hhhe, anak-anak yang bermain lato-lato dilingkungan rumah kita perkampungan dan tempat umum lainnya selalu menghiasi telinga kita dimanapun kapanpun akhir-akhir ini, terkadang ada perasaan sebel juga mendengar suara mainan yang lagi viral ini selalu terdengar dimana-mana  tanpa mengenal waktu, tetapi disisi lain kita sebagai orang tua juga berpikir namanya juga anak-anak kalo lagi seneng-senengnya ya begitu nanti juga bosan sendiri, daripada waktu mereka digunakan untuk main game online seharian.

Fenomena lato-lato

Bermain lato-lato bisa dibilang susah-susah gampang karena kita hanya mengayunkan tali keatas dan kebawah, tetapi jika tidak pas maka yang terjadi adalah bola membentur ke tangan kita dan benda sekeras itu biasanya cukup lumayan membuat tangan kita memar.

Untuk bermain lato-lato juga harus berhati-hati karna berita baru-baru ini ada beberapa anak yang harus dilarikan kerumah sakit karena pecahan dari bola plastik itu, sehingga harus dilakukan beberapa jahitan pada bola matanya. Ada juga yang wajahnya sampai memar terkena lemparan bola plastik yang terlepas dari talinya.

Bahaya lato-lato

Beberapa sekolahan SD dan SMP juga melarang anak-anak didik mereka membawa mainan lato-lato ke sekolahan, karna alasan dapat mengganggu konsentrasi siswa ketika sedang belajar, disamping itu juga pemerintah daerah menghimbau kepada pengurus sekolah untuk melarang para siswa agar tidak membawa lato-lato ke sekolah. seperti dikutip dari liputan6.com, Dinas pendidikan Kabupaten Cirebon menerbitkan surat edaran terkait larangan membawa lato-lato ke sekolahan. Tetapi larangan ini justru mendapat respon dari wakil ketua KPAI bahwa aturan ini adalah pilihan yang kurang bijak, karena dinilai justru bermain lato-lato akan mengembalikan semangat anak dengan dunia bermain dan belajarnya.

Manfaat lato-lato

selain bahaya ada juga loh manfaat bermain lato-lato diantaranya adalah:

  1. Melatih konsentrasi anak
  2. Melatih motorik anak
  3. Menghindarkan anak dari kegiatan yang kurang baik
  4. Mengembalikan aktifitas bermain anak yang sebenarnya


Terlepas dari pro kontra mengenai membawa lato-lato kesekolah, sebetulnya ada juga loh triknya supara bisa bermain lato-lato dengan lebih mudah dan aman.

Trik Bermain Lato-lato

  1. Pastikan bola plastik memiliki bobot dan ukuran yang sama
  2. Ukur tali agar tidak terlalu kepanjangan atau kependekan, antara 15 s/d 20 cm
  3. Samakan panjang kedua tali agar seimbang, karena jika tidak sama akan membuat bola lato-lato tidak memiliki keseimbangan ketika dibenturkan
  4. Bakar sedikit menggunakan korek api pada ujung tali, hal ini supaya bola tidak mudah terlepas dari talinya
  5. Untuk permulaan gunakan kecepatan rendah tetapi tidak terlalu rendah ketika melakukan lemparan, dikarenakan kecepatan rendah bisa membuat bola bisa membentuk dengan lebih stabil

Itulah beberapa tips dan trik bermain lato-lato, semoga bermanfaat.