Blog > Parenting > Nama Yang Baik Dalam Islam
Kamis, 9 Desember 2021 2:58

Nama Yang Baik Dalam Islam

nama yang baik dalam islam

Gonamaqiqah.com - Salah satu hak anak yang harus dipenuhi oleh orangtuanya adalah diberi nama yang baik. Dalam Islam nama sangat penting, nama seringkali menentukan kehormatannya, nama juga menunjukkan identitas keluarga, bangsa, bahkan akidah seseorang. 

Islam menganjurkan para orangtua untuk memberi nama anak mereka dengan nama nama yang menampakkan identitas islam.

bukan hanya didunia nama juga sangat penting diakhirat, Abu Dawud pernah meriwayatkan :

Nama bagi seseorang juga sangat penting ketika diakhirat kelak karena setiap orang akan dipanggil dengan namanya. Rasulullah bersabda, "Bahwasannya kamu akan dipanggil pada hari kiamat dengan nama-namamu dan nama nama bapakmu. maka baguskanlah namamu."

Adapun nama yang paling disukai oleh Allah adalah nama nama yang namanya menunjukkan kehambaan diri kepada Allah.

Nabi mengisyaratkan nama nama yang baik buat anak kita. "Berikanlah nama olehmu dengan nama nama para nabi, dan nama nama yang baik menurut Allah adalah 'Abdullah (Hamba Allah) dan 'Abdurrahman' (Hamba Allah Yang Maha Pengasih) HR. Abu Dawud

Yang perlu bunda catat adalah nama nama yang baik tidak harus diambil dari bahasa arab. Bunda juga bisa menamai anak anak bunda dengan bahasa berbeda yang mengandung makna kebaikan.

Nah sekarang kita bahas nama yang harus dihindarin nih bund.

Apa saja ya ayah bunda ?

Nama yang harus bunda hindarin adalah nama yang tidak mempunyai makna, nama dan konotasinya berlebihan dari sifat kemasiaannya, nama nama yang artinya berkonotasi buruk, dan nama yang paling haram dan harus diganti adalah nama yang maknanya berusaha menamai kekuasaan Allah 

Bunda juga harus menghindari nama anak bunda dengan nama malaikat sebagaimana sabda nabi "namailah (diri dan anak kalian) dengan nama para nabi (dan rasul), tetapi janganlah kalian namai dengan nama nama malaikat." (HR Abdul Bukhori).

Satu lagi nih bun, hindari juga memberi nama dengan gelar gelar Rasulullah.

Semoga bermanfaat

Kategori

Artikel Terbaru